Perbedaan Margarine dan Mentega (Butter) - dapoer nyonyah

Perbedaan Margarine dan Mentega (Butter)


Apa Anda masih bingung dalam membedakan margarin dan mentega? Banyak dari kita yang menyebutkan produk-produk margarin adalah sama seperti mentega, atau produk-produk mentega sama seperti margarin. Sebenarnya, margarin dan mentega keduanya dapat dipakai dalam pembuatan roti. Meskipun demikian, margarin dan mentega adalah dua hal yang berbeda, meskipun biasanya cara penggunaannya sama. Mari simak pembahasan margarin dan mentega.

1. Margarin

Margarin merupakan salah satu bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan, biasanya disebut lemak nabati. Margarin ini memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega. Hal ini membuat margarin lebih tahan jika diletakkan di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh. Margarin memiliki warna kuning yang terang. Margarin juga memiliki kandungan lemak baik, yang lebih banyak daripada lemak jenuh atau kolesterol jahat yang biasa terkandung pada unsur hewani. 

Merk-merk margarin yang biasa kita jumpai di pasaran adalah Simas, Blue Band, Forvita, Filma, Plamboom, dll.

2. Mentega

Mentega (butter) adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak hewan, biasanya disebut lemak hewani. Hewan yang diambil lemaknya sendiri bermacam-macam, ada sapi ataupun babi (ini yang harus diperhatikan oleh konsumen). Namun, di negara mayoritas muslim di Indonesia biasanya mentega yang paling banyak beredar adalah mentega lemak sapi. Mentega bertekstur sangat lembut. Sehingga ia tidak tahan pada suhu ruangan dan cepat meleleh. Warna dari mentega adalah kuning pucat.


Mentega memiliki kandungan lemak jenuh (kolesterol jahat) yang cukup tinggi, sehingga sering direkomendasikan oleh ahli nutrisi untuk tidak banyak dikonsumsi. Merk mentega yang biasa kita jumpai di pasaran adalah Wysman, Orchid, Elle, Anchor, Hollman, Triangle, Golden Churn, dll. 

Secara umum tampilan mentega dan margarin hampir sama, berwarna kuning dan pekat. Ada yang teksturnya lembut, ada pula yang kaku seperti sabun batangan (oleh karena faktor penyimpanan). Kemasannya pun beraneka macam, ada yang di packing plastik (packing ulang), dibungkus kertas alumonium foil (biasanya penyimpanan pada suhu rendah), serta packing kaleng.

Pada dasarnya, mentega dan margarin memiliki jumlah kalori yang sama. Mentega biasanya mengandung lemak alami dan beragam manfaat nutrisi lainnya, seperti vitamin A, D, E, dan K, yang larut dalam air. Manfaatnya antara lain untuk menguatkan tulang dan fungsi-fungsi tubuh lainnya, seperti halnya jika kita mengkonsumsi susu. Namun  untuk menentukan mana yang lebih sehat, Anda perlu mengetahui kandungan lemak dari keduanya.

Mentega dibuat dari lemak hewan dan memiliki kandungan kolesterol diet maupun lemak jenuh yang tinggi. Kolesterol sebenarnya diperlukan untuk perkembangan otak, elastisitas sel, dan usus yang sehat (dalam batas-batas tertentu). 

Namun, kandungan lemak jenuhnya yang tinggi membuat mentega tidak hanya meningkatkan kolesterol total, tetapi juga kolesterol jahat (LDL). LDL inilah yang biasanya menyumbat arteri, dan menyebabkan penyakit jantung. Menurut petunjuk makan sehat, kita sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 10 persen kalori total seperti lemak jenuh.

Bagi anda yang masih awam dan belum familiar bahan kue (roti) istilah margarine diangap sama saja dengan mentega. Padahal 2 istilah tersebut sesungguhnya berbeda dari bahan bakunya. 

Perlu anda ketahui bahwa fungsi margarine dan butter secara umum antara lain menahan air, memperhalus tekstur (sehingga memudahkan pemotongan), mempengaruhi volume (menambah jumlah adonan), dan menambah aroma.

Pemakaiannnya harus sama atau kurang dari jumlah kuning telur (dalam resep). Namun ketika kita membuat kue, perbandingan pemakaian margarine dan mentega sesuai selera dan kebutuhan. Cara penggunaan bisa dicairkan atau dikocok terlebih dahulu. Bila penggunaan margarine > 200 gram, disarankan pengocokan agar adonan tidak terlalu cair, karena banyaknya cairan akan mempengaruhi tekstur adonan yang sedang dibuat.






0 Response to "Perbedaan Margarine dan Mentega (Butter)"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel