6 Merk Ragi Instan Yang Bagus - dapoer nyonyah

6 Merk Ragi Instan Yang Bagus

Beberapa merk dagang ragi instan (yeast) yang biasa kita jumpai di masyarakat antara lain adalah sebagai berikut :


1. Fermipan

Fermipan adalah salah satu jenis merk dagang ragi (yeast) yang paling populer di Indonesia. Mungkin karena brand nya sudah ada sejak dari simbah - simbah dan emak -emak kita. 


Fermipan hadir dengan ukuran ekonomis (sachet) dengan berat 11 gram. Ukuran sachet memang lebih prkatis untuk skala penggunaan yang kecil (rumah tangga). sedangkan untuk skala produksi yang lebih besar, biasanya orang menggunakan dengan berat 500 gram. 

Untuk kemasan 500 gram, ada 3 jenis fermipan yang kita jumpai. Fermipan Brown (regular). Fermipan Red, serta Fermipan Soft 2 in 1. Disebut 2 in 1 karena dalam Fermipan ini sudah terkandung Bread Improver (bahan pengempuk). Jadi jika anda telah menggunkan ragi jenis ini tidak perlu menambahkan Bread Improvernya.

Perlu anda ketahui juga, merk dagang Fermipan merupakan produk dari Perancis yang di impor oleh perusahaan di Indonesia. Komposisi dari  Fermipan adalah : Ragi (Saccharomyces Cerevisiae, Pengemulsi (Sorbitan Monostearate E491). Perlu kalian ketahui bahwa sampai saat ini merk dagang Fermipan Belum Berlabel Halal.

Petunjuk Pemakaian :
Satu sachet fermipan dengan berat 11 gram bisa digunakan untuk 1 kilogram tepung terigu.

2. Saft Instan

Seperti halnya merk Fermipan, merk dagang Saft Instan juga merupakan jenis ragi yang sudah cukup dikenal dimasyarakat luas, meskipun tidak sepopuler merk pendahulunya.  

Kemasan dari merk ini bisa kita jumpai dalam sachet (11gram) dan kemasan 500 gram.  Untuk kemasan Saft Insatn 500 gram teedapat 3 jenis kemasan : kemasan gold blue, kemasan blue. dan kemasan red. 

Tidak seperti halnya merk Fermipan merk Saft Instan telah memiliki Label Halal. Meskipun  harga Saft Instan sedikit lebih murah di bandingkan Fermipan (di pasaran), merk ini pun sudah memiliki tempat di hati para produsen kue/roti dan jajanan. Karena setiap merk pastilah memiliki karakter (daya kembang) yang sesuai jenis kue/roti tertentu. Jadi kita tidak bisa mengkalim merk ini paling bagus atau lebih jelek dibandingkan merk lainya.

Petunjuk Pemakaian :
Satu sachet Saft Insatan dengan berat 11 gram bisa di gunakan untuk 1 kilogram tepung terigu.

2.3 Mauripan

Mauripan merupakan salah satu ragi buatan lokal anak bangsa. Meskipun merk dagang ragi ini tidak sepopuler Fermipan ataupun Saft Instan, merk ini cukup bersaing di pasaran. 



Kemasan dari Mauripan bisa kita jumpai dalam kemasan sachet dan kemasan 500 gram. Untuk kemasan sachet, ada yang reguler (warna kuning) dan juga premium (putih). sedangkan untuk kemasan 50 gram berwana putih gold dan putih kangguru. Untuk yang reguler sudah Berlabel Halal.

Komposisi dari Mauripan terdiri dari : Ragi, Pengemulsi Nabati, Sorbitan Monostearate, Antioksidan Asam Askorbat.

Petunjuk Pemaiakain :
Ragi Mauripan ini bisa dipakai secara langsung di adonan tepung terigu dengan kisaran berat 500  gram - 1 kilogram tepung per sachet.

4. GS Donat

Merk GS Donat juga merupakan merk dagang ragi buatan dalam negeri. ragi nin memiliki komposisi yang sama dengan ragi - ragi lainnya. Komposisi GS Donat adalah ; Ragi, Pengemulsi Nabati (Sorbitan Mono Stearat), Antoksidan asam Askorbat.


Petunjuk Pemakaian :
Setiap sachet (10 gram) GS Donat digunakan untuk 500 gram tepung terigu. Ragi ini bis juga ditambahkan ke dalam adonan sesaat setelah pengadukan.

Takaran Penyajian 20 gram :
Jumlah penyajian  pada donat : +/- 30.


2.5 GS Bakpao

Komposisi dari ragi GS Bakpao sama dengan GS Donat. Seperti halnya merk Ragi GS Donat, GS Bakpao juga masih diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan GS Donat, yang sudah. Dua merk ragi dari Big One Indonesia ini sudah memiliki Label Halal.


Petunjuk Pemakaian :
Setiap sachet (10 gram) GS Bakpao digunakan untuk 500 gram tepung terigu. Ragi ini bis juga ditambahkan ke dalam adonan sesaat setelah pengadukan.

Takaran Penyajian 30 gram :
Jumlah penyajian  pada bakpao : +/- 40.

2.6 Intipan

Merk ragi Intipan adalah merk dagang ragi lokal salah satu Toko Bahan Kue di Jogjakarta. Meskipun  jenis ragi ini merupakan ' remix and repacking ' dari merk - merk yang ada di pasaran, merk ini pun sudah memilki pelanggan tersendiri. Merk ini baru tersedia dalam kemasan sachet 50 gram.


0 Response to "6 Merk Ragi Instan Yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel